Pengetahuan Tentang Golongan Darah, perlukah ?

hmm, bingung juga milih judul untuk postingan ini. judul diatas itu hasil menyepi selama 2 jam.

semua pada tahu kan apa itu golongan darah? yang belum tahu, nanya sama mbah gugel sana 
trus pada tahu nggak apa golongan darahnya? kalau aku A 
kalau belum tahu? sana pada ke puskesmas buat cek golongan darah, daripada hanya menduga.
kalau lupa ? lihaaaat SIM...
nggak punya SIM ?  ke puskesmas aja deh,,cek lagi

soalnya penting banget ya sodara untuk tahu apa golongan darah kita. yang jelas buat penanda waktu tranfusi darah, biar nggak terjadi penggumpalan. itu terjadi saat darah kita nggak cocok. bukan jodoh dooong
kalau golongan darah penerima A, ya jangan dikasih B. kasihlah A. apalagi dikasih ABC. eh, emang kecap

tapi bener kok, aku pernah baca kalau golongan darah itu berpengaruh terhadap sifat seseorang. jadi dulu ada orang yang ngasih power point soal golongan darah, aku baca-baca lah. eeeh, banyak benernya. 
tapi kajian yang ini lewatin dulu ya,,soalnya niatnya nggak ngomongin sifat saya yang golongan darah A. lain kali buat postingan yang masalah ini. sementara kalau kepo, tanya mbah gugel aja

yang mau aku omongin disini adalah, jika barusan, bahasanya iih aku main-main ke blognya mb lintang rinastiti di sini 
aku baca atas ke bawah, balik lagi keatas karena masih belum jelas. dan intinya adalah : Ternyata kalau kita mau bikin-bikin sesuatu (DIY Toner, DIY serum) kita harus memilih bahan yang sesuai dengan golongan darah kita. harus gitu ??? yaa boleh nggak sih, tetapi kemungkinan terbesar adalah, bahan yang kita pilih (secara random alias sak-sak e) tidak akan bekerja dengan maksimal untuk kulit kita.

hmmm, masuk akal juga. itu kenapa banyak yang bilang skincare itu cocok-cocokan. hasil DIY juga cocok-cocokan. mungkin karena faktor itu juga.

naah,,ini aku copy yang golongan darahku ya. aku ambil plek dari blognya mbak lintang yang ini  (sama kayak link yang diatas) klo ada tulisan miring-miringnya didalam sangkar, itu aku yang nambahin.


Golongan Darah A


Golongan darah A punya sistem imun paling lemah dibandingkan dengan golongan darah lainnya. Begitupula dengan kulitnya, mudah mengalami infeksi bakteri dan jamur.
      (hiks...aku gampang panuan brarti, mudah sakit juga..*tear)

Golongan darah A punya kulit yang tipis, dengan pori-pori kecil dan tidak terlalu berminyak. Kulit golongan darah A sangat sensitif terhadap bahan-bahan kimia. Untuk bahan DIY juga harus menggunakan yang mild supaya kulit terhindar dari iritasi.

Hindari bahan-bahan yang bersifat asam dan basa kuat, atau penggunaannya harus diencerkan dengan air terlebih dahulu. Rempah-rempah juga biasanya terlalu harsh untuk golongan darah A, penggunaannya tidak boleh terlalu sering.
     (padahal aku pake toner cuka apel, itukan asam. tapi sudah diecerkan sih, 1:1)

Golongan darah A menerima teh dengan sangat baik. Jika golongan darahmu A, gunakan teh sebagai salah satu bahan DIY skincare andalan.
     ( teh ?? oke boleh dicoba )

(aku nggak boleh pake lemon,,harus diencerkan terlebih dahulu)

HINDARI!

  - Telur

  - Dairy products
      susu, yoghurt

   - Minyak
      olive   ( padahal aku baru mulai pakai olive oil buat ngurangi kulit keringku)

   -  Sayuran 
       jamur, sayuran yang banyak getah, kol

   - Buah
      buah-buahan yang bersifat asam, tomat, pisang

   - Umbi
      kentang, bengkuang, ubi jalar

   - Lainnya
     rempah-rempah

YANG BAGUS :

   - Minyak
      rice bran, grapeseed

   - Biji-bijian
      beras (diolah), oatmeal

   - Sayuran 
     semua jenis sayuran tetapi yang tidak banyak getahnya

   - Buah
      buah yang tidak asam

   Yang harus dibatasi
     Produk fermentasi
                                                           ____________done____________


oke, selesai. beberapa sudah saya komentari, karena ternyata yang saya gunakan belum sesuai dengan diatas. tapi bukan berarti yang sudah saya pakai itu jelek. cuma belum pas.

panduan diatas itu jelas membantu saya dalam mengarahkan jalan saya yang masih kesasar kesana-kemari dalam rangka mengurangi konsumsi bahan kimia dalam skincare saya. karna kalau tidak ada panduan ya seperti meraba dalam gelap,,udah nggak kelihatan, asal-asalan lagi. ya nggak masuk-masuk, *eh
tapi saya suka gelap-gelapan kok. buat tidur jadi angler. *ngeces sih iya 
dan tentunya, trial and error juga. karna dengan begitu, kita jadi tahu dimana salah kita, trus dibenerin. padahal tinggal nyontek punya mbak lintang. 

masalah olive oil, saya baru coba sehari, so far ampuh untuk kulit kering saya. walo belum kenyal-kenyal gitu, tapi berasa mengurangi kulit kering dalam pemakaian pertama. katanya, olive oil itu bagus untuk kulit kering, naah kulit saya sekarang kering akibat cuaca, jadi kalau nggak pakai pelembab, ketika saya pakai bb cream trus bedakan, masih kelihatan tuh ngelupasnya. nggak mulus gitu jadinya.
ooo iya lupa, selain dicocokkan dengan golongan darah, cocokkan juga dengan jenis kulit ya.
hmmm, saya rencana mau nyobain grapeseed oil (barang sudah on the way soalnya). Oil ini direkomendasikan untuk kulit berminyak, berkomedo, berjerawat. tapi ada yang bilang juga boleh untuk kulit normal. karena grapeseed oil itu lebih ringan.dianjurkan juga pake yang cold pressed.  Tapi saya nggak tahu yang saya pesan itu cold pressed atau bukan. kalaupun bukan, saya sudah tahu dimana saya akan beli yang cold pressed jika nanti terbukti baguuuuus.

hehe...
buat kamu-kamu yang mau tahu panduan untuk golongan darahmu, cuzzz langsung aja ke blognya mbak lintang. linknya sudah ada ya diatas. selamat membaca dan dipahami.
buat mbak lintang, makasih panduannnya mbak. hehehe



NB : 
btw tadi sambil nyari-nyari sifat golongan darah A. ketemu satu kata-kata yang menjawab perilaku anehku baru-baru ini. jadi bahwasana, saya itu :
  • Keras terhadap orang-orang yang berbeda pendapat  ( sumber : cek di sini ya.. )
naah lho,,,,itu kenapa saya gemar ngeyel sama orang yang beda pendapat sama saya. saya tertantang gitu buat mbalesin dia. ( nggak bagus juga siih kalau saya kayak gitu, saya jadi kayak tukang marah..iiih)



Comments